Bagaimana Cara menemukan Folder di CentOS

 


Saat menggunakan server Linux online, kebanyakan orang memilih antarmuka baris perintah untuk menyimpan sebanyak mungkin sumber daya. Namun, bahkan jika Anda menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI), Anda dapat kehilangan jejak beberapa folder (direktori) yang telah Anda buat. Jangan khawatir, dengan membuka terminal dan mengetik beberapa perintah, masalah ini diselesaikan dengan mudah. Cari tahu cara menemukan folder di CentOS 8 dalam tutorial terperinci hari ini.

Sistem Linux didasarkan pada struktur file dan direktori. Ini memberi Anda berbagai cara untuk menemukan direktori dalam sistem. Salah satu tugas utama dari setiap pengguna yang bekerja di Linux adalah untuk menemukan file atau direktori. Sistem Linux menyediakan berbagai utilitas yang membantu dalam mencari file menggunakan antarmuka baris perintah. Beberapa perintah yang dapat digunakan adalah - menemukan, menemukan, dan yang mana. Tetapi perintah terakhir, "yang," digunakan terutama untuk mencari perintah khusus.

Dalam panduan ini, kami terutama berfokus pada perintah temukan karena efisiensi dan keandalannya dibandingkan dengan perintah pencarian lainnya dalam mencari file atau direktori. Perintah pencarian tidak umum digunakan karena sisi negatifnya, karena mencari satu atau lebih database yang dibuat oleh perintah updatedb dan tidak mempertimbangkan sistem file langsung. Juga, perintah pencarian tidak fleksibel untuk mencari dari titik awal.

Sintaks perintah cari

Anda dapat menggunakan perintah temukan dengan sintaks berikut.

# locate [option] [search-pattern]

Kami menjelaskan mengapa perintah temukan diabaikan dibandingkan dengan perintah temukan. Di sini, kami mencari direktori "pkg" dalam direktori kerja saat ini.

Dalam perintah yang disebutkan di bawah ini, opsi "--basename" atau "-b" membantu perintah temukan hanya cocok dengan nama dasar file atau direktori tetapi tidak cocok dengan jalur. Di sini, "" adalah karakter gobbling dan menonaktifkan penggantian pkg oleh * pkg *.

$ locate --basename 'pkg'


 

Pada output di atas, locate akan memulai pencarian dari direktori root dan mengembalikan direktori lain dengan nama yang sama. Jadi, untuk menghindari masalah seperti itu, kami telah pindah ke perintah temukan menggunakan sintaks di bawah ini.

Sintaks perintah temukan

$ find starting-point options [expression]

Misalkan kita ingin mencari direktori yang sama seperti yang disebutkan di atas, "pkg" dalam direktori kerja saat ini. Anda dapat menggunakan perintah berikut di mana opsi "-nama" akan membantu membaca ekspresi, nama dasar direktori.

$ menemukan . -nama "pkg"

Jika dalam kasus, setelah menjalankan perintah di atas, Anda akan mendapatkan kesalahan "izin ditolak", Anda dapat menggunakan perintah sudo seperti yang disebutkan di bawah ini.

$ sudo menemukan . -nama "pkg"

Jika Anda ingin membatasi perintah temukan untuk mencari tipe file lain kecuali direktori, Anda dapat menggunakan bendera tipe -bersama dengan perintah temukan yang akan menentukan tipe file. Di sini, -d mewakili direktori.

$ sudo menemukan . -type d -name "pkg"

Jika Anda ingin mencantumkan direktori dalam format daftar panjang, Anda dapat menggunakan "ls" bersama dengan perintah temukan, seperti yang terlihat di bawah ini.

$ sudo menemukan . -type d -name "pkg" -ls

Pilihan lain adalah "-iname" yang akan mengimplementasikan pencarian kasus-sensitif.

$ sudo menemukan . -type d -iname "pkg" 

$ sudo menemukan . -type d -iname "PKG"

Jika Anda ingin menerapkan penggunaan yang lebih maju, Anda dapat memeriksa halaman man find dan locate menggunakan perintah di bawah ini.

$ manusia menemukan

$ man locate


Kesimpulan 

Dengan berbagai perintah Linux, Anda dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan lebih efisien. Salah satu perintah yang umum digunakan adalah untuk mencari file atau direktori dari sistem. Untuk ini, Anda dapat menggunakan perintah temukan dan perintah temukan sesuai pilihan Anda. Kedua perintah bekerja dengan baik tetapi dalam situasi yang berbeda yang telah kami sebutkan. 

Anda dapat membaca artikel ini untuk memahami penggunaan perintah temukan dan temukan di CentOS 8. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan di bagian komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel