7 Tool yang Harus Dimiliki Seorang Cyber Security

 Bila kamu merupakan seseorang penetration tester, terdapat sebagian tools yang bisa jadi hendak sangat menolong pekerjaan kamu. Di postingan ini kita hendak mangulas 10 tool yang harus dikenal oleh penggiat cyber security, mulai dari tool scanning hingga post- exploitation.


1. Wireshark



Mempunyai dasar yang kokoh dalam networking sangat berarti buat jadi pentester yang kompeten.

Wireshark merupakan tool terbaik buat menganalisa jaringan. Tool open source ini membolehkan kamu buat menganalisa log secara real time dari jaringan.

Wireshark bisa membedah paket informasi jadi frame serta segmen yang membagikan data terperinci tentang bit serta byte dalam suatu paket.

2. Nmap



Nmap merupakan tool awal yang hendak kamu temui bila berkarir di dunia cyber security. Tool network scanner ini hendak sangat menolong dikala proses footprinting dari sesuatu jaringan yang mau diuji. Data tersebut tercantum port terbuka, layanan, serta sistem pembedahan yang berjalan di pc sasaran.

Buat basic scanning bisa jadi banyak yang mulai bergeser memakai naabu sebab tool yang dibuild memakai bahasa Go ini memanglah secara performa lebih kilat. Tetapi buat fitur, jelas Nmap masih lebih lengkap dibandingkan tool sejenis. Jadi buat dikala ini, Nmap masih jadi tool terbaik buat jenis network scanner.

Nmap pula sediakan tipe GUI bernama Zenmap. Buat kamu yang baru belajar serta masih bimbang dengan CLI, tool ini dapat dicoba.


3. Ncat



Ncat ataupun yang tadinya bernama netcat merupakan tool sederhana yang bisa memandang serta merekam informasi pada koneksi jaringan TCP ataupun UDP. Netcat berperan selaku backend listener yang membolehkan port scanning serta pula port listener.

Ncat biasa digunakan buat back- conect ataupun memperoleh akses reverse shell dari sistem sasaran.


4. Metasploit

Metasploit bukan cuma suatu tool, tetapi framework yang hendak saynag menolong sepanjang proses pentesting.

Metasploit berisi materi exploit serta scanner dari vulnerability yang telah ditemui serta dipublish. Dengan Metasploit, kamu bisa membuat payload serta mengirimnya ke pc ataupun server sasaran.

Di Metasploit sendiri modulnya lumayan lengkap, apalagi kamu dapat melaksanakan back connect serta melaksanakan port scanning memakai Metasploit. Kamu pula bisa meningkatkan materi exploit kamu sendiri di Metasploit Framework.

5. Nikto



Nikto merupakan tool open source yang sanggup melaksanakan scanning pada dikala melaksanakan pentest pada website server. Proses scanning ini pula tercantum pemindaian outdated aplikasi serta pula kesalahan konfigurasi.

Nikto pula dilengkapi dengan plugin anti- IDS yang membolehkan kamu melaksanakan scanning pada fashion stealth sehingga proses scanning tidak dideteksi oleh firewall yang bisa jadi terpasang pada website sasaran.


6. Burp Suite



Burp Suite merupakan salahsatu tool kesukaan untuk para website app pentester. Tool ini dilengkapi banyak materi buat melaksanakan scanning pada dikala proses pentesting.

Tool ini menunjang seluruh proses dalam pengujian keamanan suatu website server mulai dari proses scanning sampai eksploitasi. Salahsatu fitur utama dari BurpSuite merupakan kemampuannya buat melaksanakan intercept pada HTTP request serta memodifikasinya saat sebelum dikirim kembali ke server. Dengan ini kamu dapat memandang serta menganalisa bila terdapat perbandingan reaksi yang diberikan dari server.


7. John the Ripper

Kata sandi masih jadi standar otentikasi de- facto di sebagian besar sistem. Apalagi kala kamu sukses masuk ke server ataupun database, terdapat kalanya kamu butuh melaksanakan cracking password buat memperoleh akses lebih besar dari suatu sistem.

John the Ripper merupakan tool buat melaksanakan password carcking. Tool ini lumayan terkenal sebab menunjang custom wordlist serta bisa digunakan buat melaksanakan cracking pada sebagian besar hash terkenal semacam MD5 serta SHA.

Oke bisa jadi itu saja list tool yang harus dikenal serta dipelajari bila kamu mau masuk ke dunia cyber security. Bila terdapat yang mau ditambahkan silahkan pendapat.



0 Response to "7 Tool yang Harus Dimiliki Seorang Cyber Security "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel